Home BERITA KH. Sam’ani Sya’roni Ajak Warga Jaga Tiga Amanah Nahdliyyah

KH. Sam’ani Sya’roni Ajak Warga Jaga Tiga Amanah Nahdliyyah

135
0

NUlomboktengah.or.id | PRAYA – KH. Sam’ani Sya’roni mengajak, jelang satu abad Nahdlatul Ulama ditahun 2026 mendatang, Warga Nahdliyyin agar istiqomah menjaga Amanah Nahdliyyah yakni Amanah Diniayah yang urusannya terkait agama, Amanah yang urusan Kebangsaan (Wathaniyah) dan Amanah urusan Kemanusiaan (Insaniyah).

Tiga amanah ini tersebut ujar Kiai Sam’ani, sudah termaktub dalam Mabadi’ khairu ummah karya pendiri Nahdlatul Ulama KH. Hasyim Asy’ary.

Kiai Asal Pekalongan Jawa Tengah ini melanjutkan, persaudaraan sebangsa sama pentingnya dengan persaudaraan seagama. Karena tanpa ukhuwah wathaniyah yang baik, maka tidak mungkin ummat Islam Indonesia dapat melaksanakan ibadahnya dengan tenang.

“Dulu ketika bangsa ini tidak aman, kita mau pergi haji saja di interogasi, karena itu setelah kemerdekaan, kita bersepakat menjaga persatuan dan kesatuan Indonesia, kita saling hormati sesama anak bangsa, kita aman, kita bisa langgeng beribadah” Urai panjangnya dalam saat menyampaikan tausiyah di Arena Harlah 92 NU Lapangan Umum Penujak Jum’at (20/4) Malam.

Ukhuwah Wathaniyah yang diajarkan Nahdlatul Ulama adalah Ajaran Islam tentang agama yang Rahmatan Lil Alamin. Menyayangi dan menghormati orang lain, walaupun beda suku, agama, ras, bahasa dan lain-lain.

“Selama mereka tidak mengganggu atas nama agama kita, NU komitmen untuk menjaga Ukhuwah Wathaniyah ini karena spirit Islam yang rahmatan lilamin” Ujarnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here