Home BERITA BAWASLU Sosialisasi Pengawasan Partisipatif di UNU NTB

BAWASLU Sosialisasi Pengawasan Partisipatif di UNU NTB

37
0

NUlomboktengah. Or. Id| MATARAM – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Provinsi NTB menggelar kegiatan sosialisasi pengawasan pemilihan umum (Pemilu) partisipatif bagi masyarakat pemilih pemula dengan sasarannya adalah dari kalangan Mahasiswa, kegiatan yang diadakan sebagai langkah meningkatkan keaktifan masyarakat dalam pengawasan Pemilihan  Kepala Daerah tahun 2018 ini, Kegiatan yang diadakan di Auditorium UNU NTB, diikuti puluhan  Mahasiswa dari perwakilan 10 Program Studi  yang ada di UNU NTB, Kamis (3/05/18)

Itratip, ST., MT. Komisioner  Bawaslu Provinsi NTB Divisi Organisasi dan SDM dalam paparannya menjelaskan tujuan kegiatan itu adalah untuk mengajak  peran aktif masyarakat khususnya mahasiswa dalam mengawasi pelaksanaan Pemilu.

“tantangan dan kendala kami selaku pengawas pemilu adalah Mengingat tugas kami di kepengurusan  sangat berat, cakupanya sangat besar dan luas, tentu kami membutuhkan keterlibatan dan peran aktif masyarakat khususnya sahabat-sahabat mahasiswa demi terwujudnya Pemilu yang jujur dan adil,” Ungkap Itratip.

Itratip  juga menambahkan bahwa masyarakat harus memahami berbagai aspek dalam pengawasan pemilu seperti pentingnya pengawasan partisipatif, strategi pengawasan dan bagaimana menangani pelanggaran pemilu sebagai upaya pencegahan terjadinya pelanggaran Pemilu. Hal ini perlu partisipasi masyarakat dengan mempersempit ruang gerak bagi yang ingin melakukan pelanggaran.

” dalam kegiatan sosialisasi ini juga kami sampaikan materi mengenai pentingnya pengawasan partisipatif, strategi pengawasan, penanganan pelanggaran  Pemilu dan bentuk pengawasan yang dapat dilakukan oleh masyarakat dalam mengawasi pelaksanaan Pemilu, sehingga terciptanya kondisi yang dapat mencegah terjadinya pelanggaran, ” tutup Itratip.

Seperti diketahui bahwa Itratip tercatat sebagai salah seorang pendiri Universitas Nahdhatul Ulama (UNU) NTB, yang mendapatkan ijin operasional pada tahun 2014.

Di perguruan tinggi inilah ia mengabdikan ilmu akademiknya sebagai Dosen Teknik Lingkungan. Kemudian diberikan tanggungjawab sebagai Dekan Fakultas Teknik UNU NTB.

Saat ini beliau memfokuskan  diri dalam mengemban amanah sebagai Komisioner Bawaslu Provinsi NTB periode 2017-2022.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here